Cara Menjaga Perangkat Lunak Komputer/Laptop Agar Tetap Bersih

Untuk menjaga perangkat lunak, sama saja anda menjaga anak kecil yang baru bisa berjalan, butuh tenaga extra dan pikiran extra. karena perangkat lunak pada komputer/laptop anda sangat sensitif terkena serangan virus berbahaya, apalagi anda pengguna Internet aktif. sebab saat ini banyak sekali orang yang ingin mengetahui privasi google anda. sedikit tips dan trik yang sudah saya baca dari google dan kini saya akan membagikannya kepada anda, untuk kita pahami secara bersama-sama

Jaga perangkat Anda tetap bersih
Apakah perangkat Anda berjalan lebih lambat dari biasanya? Mungkin sembarang layar bermunculan? Apakah ada tagihan tak dikenal di rekening bank Anda?

Berikut adalah beberapa tanda bahwa perangkat Anda mungkin terinfeksi perangkat lunak perusak – perangkat lunak berbahaya yang dirancang untuk merusak perangkat atau jaringan Anda.

Berikut beberapa cara mudah untuk membantu melindungi diri:

Selalui perbarui browser dan sistem operasi Anda
Sebagian besar sistem operasi dan perangkat lunak akan memberi tahu Anda bila tiba saatnya meningkatkan versi – jangan mengabaikan pesan ini dan perbarui sesegera mungkin. Terkadang, versi perangkat lunak lama dapat memiliki masalah keamanan yang bisa digunakan penjahat untuk mendapatkan data Anda dengan lebih mudah. Browser Chrome dari Google memperbarui ke versi terkini secara otomatis setiap kali dijalankan, sehingga Anda bisa mendapatkan perlindungan keamanan yang paling baru tanpa bersusah-payah.

Selalu waspada dengan segala sesuatu yang Anda klik dan unduh, termasuk musik, film, file, plugin atau add-on browser
Hati-hati dengan jendela munculan yang meminta Anda mengunduh perangkat lunak atau menawarkan untuk memperbaiki komputer Anda. Sering kali munculan ini akan mengatakan bahwa komputer Anda telah terinfeksi dan unduhan mereka dapat memperbaikinya – jangan percaya. Tutup jendela dan pastikan Anda tidak mengeklik bagian dalam jendela munculan. Jangan buka jenis berkas yang tidak dikenal, atau jika Anda melihat permintaan maupun peringatan browser yang meminta Anda membuka file. Kadang kala perangkat lunak perusak mencegah Anda meninggalkan laman apabila Anda masuk ke dalamnya, misalnya dengan membuka permintaan unduh berulang-ulang. Jika hal ini terjadi, gunakan pengelola tugas atau pemantau aktivitas komputer untuk menutup browser.
Jika ragu, gunakan bookmark tepercaya untuk situs penting, gunakan mesin telusur untuk bernavigasi ke situs, atau langsung ketikkan alamat situs di browser. Sebaiknya Anda juga memeriksa untuk melihat apakah alamat web dimulai dengan https:// – yang menandakan bahwa sambungan Anda ke situs web dienkripsi dan lebih tahan terhadap gangguan atau intaian.
Apabila memasang perangkat lunak, pastikan Anda mendapatkan perangkat lunak tersebut dari sumber tepercaya
Beberapa program mengemas perangkat lunak perusak sebagai bagian dari proses pemasangan mereka. Sebelum Anda mulai mengunduh, ada beberapa langkah mudah yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi risiko terunduhnya perangkat lunak perusak bersamaan dengan perangkat lunak yang Anda inginkan.

Periksa reputasi toko – apakah itu sumber resmi, seperti toko aplikasi yang ada di dalam ponsel atau browser Anda, atau situs web pengembang, yang merupakan kebalikan dari situs pengunduhan pihak ketiga yang tidak dikenal? Anda juga dapat memeriksa reputasi pengembang dengan melihat komentar orang lain mengenai mereka di waktu lampau. Periksa ulasan atau komentar online tentang unduhan tersebut. Jika terlihat bahwa banyak orang tidak menyukainya atau memiliki pengalaman buruk, Anda mungkin sebaiknya jangan mengunduhnya.

Jika Anda melihat sesuatu yang mencurigakan setelah mengunduh – misalnya kelambatan komputer yang signifikan, munculan atau pesan tak terduga, atau tagihan asing – segera copot pemasangan perangkat lunak dan pastikan anti-virus Anda berjalan dan telah diperbarui.
Kebanyakan browser akan memberi peringatan jika Anda mencoba membuka situs web yang diduga adalah hosting perangkat lunak perusak. Jika Anda mendapatkan peringatan bahwa situs yang ingin Anda kunjungi mungkin tidak aman, lihatlah URL-nya dan pertimbangkan baik-baik apakah Anda ingin mengunjungi situs itu atau tidak. Walaupun Anda pernah mengunjungi situs itu sebelumnya, penjahat mungkin telah menyusupi situs sejak terakhir kali Anda mengunjunginya, sehingga situs tersebut mungkin tidak aman untuk dikunjungi sampai pemiliknya membersihkan situs itu.
Jika komputer Anda terinfeksi perangkat lunak perusak, hapuslah sesegera mungkin
Salah satu cara membersihkan komputer Anda adalah memindainya dengan setidaknya satu, dan idealnya beberapa, produk antivirus berkualitas tinggi. Kami tidak dapat menjamin efektivitas program itu, tetapi mencoba versi terbaru dari tiap program sering kali berpengaruh. Anda juga dapat menggunakan situs av-comparatives.org untuk menemukan perangkat lunak anti-virus lainnya dan meninjau hasil uji coba.

Konten ini ialah konten yang saya ambil dari Google. semoga artikel untuk menjaga perangkat lunak pada komputer/laptop ini bisa berguna untuk kita semua




Catatan: Mohon Beritahu Kami Jika Anda Menemukan Link Download, Atau Link Jenis Apapun yang Error pada Bloglazir Ini. Ingin Pasang Iklan? Silahkan Klik Iklan Banner Murah


Description: Cara Menjaga Perangkat Lunak Komputer/Laptop Agar Tetap Bersih Rating: 3.5 Reviewer: Blog Lazir ItemReviewed: Cara Menjaga Perangkat Lunak Komputer/Laptop Agar Tetap Bersih

Baca Juga Artikel Dibawah Ini

0 komentar:

Posting Komentar


Terima Kasih Atas Kunjungan Anda, Komentar Spam Tidak Akan Kami Terbitkan Pada Bloglazir. Mau Pasang Iklan? Silahkan Kunjungi Pasang Iklan Banner Murah

Bonus: Komunitas Blogger

Follow My Twitter Forum Blogger Fanspage Facebook Follow My Networkedblogs Follow Google Plus Facebook Bloglazir