Rahasia Gaya Bahasa Nakal dan Genit dalam Menulis

Pagi ini saya masih ingat sekali pesan dari Dosen S3 saya di kampus maya yaitu Mas Prof. Dr Erianto Anas. buatlah blogmu dengan judul-judulnya yang kontroversial karena banyaknya pengunjung yang datang pada blog anda, maka anda akan kebanjiran caci maki yang bertubi-tubi (akan tetapi itu harus masuk ke dalam konteks artikel anda) kalau komentarnya berbeda dengan artikel yang anda tulis, maka silahkan remove saja komentar tersebut, maka banyaklah sudah komentar-komentar di blog ini yang tidak saya publikasikan karena sudah saya tendang habis.

Rahasia Gaya Bahasa Nakal Tapi Memikat Untuk Dibaca Pengunjung

Pernahkah anda membaca tulisan blogger lain yang membuat anda penasaran? padahal anda sadar bahwa bahasa yang digunakannya sama sekali bukan tergolong bahasa yang ramah bahkan terkesan ingin membujuk pengunjung. bahkan tergolong nakal seenaknya. tapi anda selalu saja tetap terpikat untuk terus dan terus melahap kata demi kata tulisannya. lalu apakah anda ingin tahu rahasianya?

Banyak sebenarnya rahasia untuk itu.
Akan tetapi disini saya akan membocorkan dua rahasia saja, dan jika anda ingin lebih silahkan anda dapatkan Ebook cara licik merayu pengunjung dari google.

Pertama (Kalimat Tangkas)
Sebenarnya istilah lazimnya dalam pelajaran mengarang adalah "Kalimat Efektif", akan tetapi saya tidak fullgar menggunakan istilah klise ini. kenapa? karena tidak nakal. akan tetapi anda bisa bandingkan sendiri mana yang lebih menarik.

Baiklah kalimat tangkas ini adalah buang kata-kata yang mubazir. kenapa? karena kata-kata yang tidak perlu justru akan membuat tulisan anda terasa melempem (tidak bertenaga). cara mengujunya mudah saja. apakah anda menghapus kata-kata tersebut apakah artinya akan berubah? jika tidak artinya kata-kata tersebut mubazir. buang saja. contohnya:
  • Akan tetapi tentu saya yakin anda akan bisa membandingkan menurut persepsi mana diantara kedua judul tersebut yang lebih menarik menurut anda?
  • Tapi anda bisa bandingkan, mana yang lebih menarik?
Kedua contoh diatas maknanya sama. akan tetapi mana yang lebih bertenaga dan efektif?

Kedua (Sisipkan Kata Kiasan)
Ini yang jarang dilakukan para blogger. seolah-olah kata kiasan hanya layak ditulis untuk puisi. sebenarnya ini adalah anggapan yang keliru dan menyesatkan serta merontokan urat syaraf anda untuk berpikir tegang. penyebabnya terlalu termakan oleh doktrin dari diktad pelajaran Bahasa Indonesia. padahal, sastra itulah daya pikat yang paling ampuh digunakan agar setiap pengunjung bisa tersihir oleh tulisan kita.

Kalimat sastra yang saya maksud bukan kalimat cerpen kental ya. akan tetapi kita sisipkan saja sedikit demi sedikit pada setiap paragraf tulisan anda. tentu semua akan lebih mengasikan bila anda melihat contohnya dibawah ini

Contoh:

Menulis adalah termasuk salah satu kegiatan blogging yang dirasa teramat sulit bagi sebagian blogger. yang terutamanya adalah bagi mereka yang baru mulai blogging. padahal dengan menguasai kiatnya dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati maka menulis tentu akan bisa menjadi suatu yang mengasikan.

Nah bagaimana menurut anda? bagi saya kalimat pada paragraf diatas sangat bertele-tele dan bisa menyiksa saya serta membuat saya gegar otak. sekarang bandingkan dengan paragraf dibawah ini

Anda ingin pandai menulis? Ah, gampang! cukup dengan melahap tulisan ini maka anda akan disulap menjadi seorang pujangga. syaratnya tentu anda harus membaca dulu tulisan ini sampai tamat. Apakah anda sudah siap? jika sudah, mari kita terbang ke paragraf berikutnya.

Nah, anda bisa rasakan sendiri bedanya kalimat demi kalimat diatas seakan menari-nari dengan lincahnya membujuk anda.

Apa sebab?
Karena kalimatnya tangkas dan kata yang dicetak miring adalah bumbunya. akan tetapi bukan bumbu masakan. tapi bumbu dalam kalimat tangkas.

Lalu, apakah anda sudah menggunakan gaya-gaya menulis seperti diatas?




Catatan: Mohon Beritahu Kami Jika Anda Menemukan Link Download, Atau Link Jenis Apapun yang Error pada Bloglazir Ini. Ingin Pasang Iklan? Silahkan Klik Iklan Banner Murah


Description: Rahasia Gaya Bahasa Nakal dan Genit dalam Menulis Rating: 3.5 Reviewer: Blog Lazir ItemReviewed: Rahasia Gaya Bahasa Nakal dan Genit dalam Menulis

Baca Juga Artikel Dibawah Ini

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Makasih Mas, artikelnya sangat bermanfaat khususnya untuk para blogger pemula seperti saya ini. Dengan adanya artikel ini saya lebih mengerti dalam menulis artikel pada blog sehingga kebanjiran visitor.
Izin di praktekan mas.

Gembel Kaya Raya mengatakan...

Artikel Yang menarik + ide yg cemerlang..
patut di tiru ini buatlah blogmu dengan judul-judulnya yang kontroversial....jos om..thanks

Blog Lazir mengatakan...

blogspot--id @ hahaha iya mas silahkan diperaktekan, terima kasih mas atas pengakuannya

Gembel Kaya Raya @ hahahahah iya mas ini blog saya terima kasih atas kunjungannya dan terima kasih atas pengakuannya.

Saya sangat menikmati pengakuan kalian

Posting Komentar


Terima Kasih Atas Kunjungan Anda, Komentar Spam Tidak Akan Kami Terbitkan Pada Bloglazir. Mau Pasang Iklan? Silahkan Kunjungi Pasang Iklan Banner Murah

Bonus: Komunitas Blogger

Follow My Twitter Forum Blogger Fanspage Facebook Follow My Networkedblogs Follow Google Plus Facebook Bloglazir